Bupati Taput Serahkan 1.050 Voucher Tambahan BLT bagi Warga 11 Kelurahan

 

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si bersama Kapolres Taput Horas Marasi Silaen, Dandim 0210/TU Rony Agus Widodo, Kajari Taput Tatang Darmi, Ketua DPRD Poltak Pakpahan, didampingi Asisten I Parsaoran Hutagalung menyerahkan 1.050 Voucher Tambahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Warga 11 Kelurahan, bertempat di Halaman Kantor Bupati, Tarutung (Jumat, 17/04/2020).

Usai penyerahan voucher BLT kepada para Lurah, Tokoh Agama dan Ketua PWI, Bupati mengatakan bahwa tambahan ini merupakan penyempurnaan Data sebelumnya dan juga akan tetap melaksanakan mendata yang layak dibantu sesuai perkembangan verifikasi di lapangan, termasuk pendataan lansia sesuai KK.

“Dinas Sosial bersama Camat dan Lurah sebagai pendata harus bijak membuat parameter sebagai alat ukur data yang layak menerima, sehingga memudahkan verifikasi ulang yang dilakukan TNI-Polri biar penyaluran BLT bisa lebih cepat. Tingkat error data harus ditekan seminim mungkin agar tidak menjadi pertanyaan. Yang mendapat bantuan adalah yang benar benar terdampak dari Covid-19 terutama yang kehilangan pekerjaan dan termasuk para lansia wajib dibantu sesuai KK,” ucap Bupati.

Selanjutnya, Bupati menginstruksikan agar para Camat dan Lurah juga mendata mahasiswa yang terdampak Covid-19 yang berada di kota tempatnya kuliah dan tidak bisa pulang kampung untuk mencegah penyebaran terutama bagi mereka orangtuanya juga terdampak.

“Kita juga akan memberikan bantuan kapada masyarakat kita para mahasiswa mahasiswi yang berada diluar Tapanuli Utara dan juga sesuai anjuran kita untuk tidak pulang dulu, kita akan bantu uang makannya khususnya yang orang tuanya tidak mampu,” tambah Bupati.

“Kita juga akan membantu masyarakat yang bukan KTP Tapanuli Utara tapi berdomisili di Taput, hal ini diperbolehkan oleh ketentuan sesuai dengan arahan Menteri Sosial pada saat rakor semalam melalui video conferensi. Sekali lagi saya sampaikan, lakukan pendataan dengan benar, jangan sampai BLT ini tidak tetap sasaran,” akhir arahan Bupati.

Dalam kesempatan sebelumnya, dalam laporan Kadis Sosial Irwan Hutabarat mengatakan hingga saat ini penerima BLT total menjadi 3.507 KK dan masih ada kekurangan verifikasi di 1 Kelurahan lagi yang akan selesai hari ini.